Berapa Banyak yang Anda Butuhkan untuk Pensiun?
picture from: wallpaperflare.com

Berapa Banyak yang Anda Butuhkan untuk Pensiun?

Dengan semakin banyaknya orang yang dijadwalkan untuk mulai pensiun dalam beberapa tahun ke depan, penting untuk mulai memikirkan masalah ini. Bahkan jika Anda belum mendekati usia pensiun, ada baiknya untuk mulai memikirkan bagaimana Anda berencana untuk mendanai masa pensiun Anda sesegera mungkin. Semakin cepat Anda mulai merencanakan pensiun, semakin Anda yakin bahwa pensiun Anda tidak akan terganggu oleh masalah uang.

Jadi, berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk pensiun? Banyak dari jawaban itu, tentu saja, tergantung pada rencana apa yang Anda miliki untuk masa pensiun. Jika Anda berencana untuk bepergian, ingin membeli RV atau Anda memiliki rencana khusus yang serupa, Anda tentu akan membutuhkan lebih banyak uang untuk mendanai masa pensiun Anda. Di atas dan di luar biaya tersebut; namun, penting untuk memikirkan kebutuhan penting Anda sehari-hari.

Misalnya, pertimbangkan apakah Anda masih akan berutang pembayaran utang saat Anda memilih untuk pensiun. Tentu saja, banyak orang berpikir bahwa kita akan keluar dari hutang saat itu, tetapi pada kenyataannya Anda mungkin masih berhutang pada kendaraan atau kartu kredit atau bahkan rumah. Pastikan untuk menghitung biaya tersebut ke dalam jumlah yang Anda butuhkan untuk masa pensiun.

Anda juga akan membutuhkan cukup uang untuk menutupi biaya seperti utilitas, asuransi mobil dan rumah, bahan makanan, dan biaya lain-lain yang harus kita bayar setiap bulan.

Perawatan kesehatan akan menjadi aspek yang sangat penting dari masa pensiun Anda. Secara alami, seiring bertambahnya usia, kebutuhan perawatan kesehatan kita meningkat dan itu berarti menghabiskan lebih banyak uang. Jika Anda gagal mendanai pensiun Anda dengan cara yang memadai, bahkan satu masalah kesehatan yang serius dapat menghapus dana pensiun Anda dan Anda mungkin mendapati diri Anda menghadapi sisa masa pensiun Anda dengan masalah keuangan yang serius. Hanya untuk biaya perawatan kesehatan Anda saja, sebaiknya rencanakan penganggaran setidaknya $15.000 per tahun untuk setiap tahun masa pensiun Anda.

BACA JUGA :   Alasan Mengapa Harus Membeli Emas

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan ada biaya saat Anda pensiun pertama kali yang masih perlu Anda tanggung seperti dukungan untuk orang tua yang sudah lanjut usia (dengan angka harapan hidup saat ini, itu pasti kemungkinan) serta biaya pendidikan perguruan tinggi untuk anak-anak.

Selain itu, jangan lupakan biaya lain-lain yang mungkin muncul yang cenderung kita lupakan. Biaya tersebut meliputi biaya perbaikan rumah, seperti mengganti atap, membeli kendaraan lain, dll.

Setelah menjumlahkan semua biaya yang harus Anda tanggung selama masa pensiun, jangan lupa untuk mempertimbangkan efek inflasi. Gambarkan biaya hari ini naik rata-rata sekitar 4% per tahun untuk setiap tahun yang Anda tinggalkan hingga pensiun dan kemudian beberapa.

Terakhir, jangan lupa untuk memikirkan secara serius berapa lama Anda mungkin perlu mendanai masa pensiun Anda. Cukup mengejutkan, banyak orang cenderung meremehkan berapa lama mereka akan hidup dan akibatnya kehabisan uang. Jangan biarkan itu terjadi pada Anda. Aturan praktis terbaik adalah dengan menganggap Anda akan hidup setidaknya sampai usia 90 tahun dan menghitung untuk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.