Minuman Manis Lebarkan Pinggang Perempuan

perlebar-pinggang-dengan-minuman-manis

LiputanKami.com – Perempuan kini mesti lebih hati-hati dan selektif dalam memilih minuman. Sebab sebuah studi baru menemukan bahwa minum lebih dari dua gelas minuman berpemanis sehari bisa memperlebar pinggang dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta diabetes.

Dalam studi ini, peneliti membandingkan perempuan setengah baya dan lansia yang minum dua gelas atau lebih minuman berpemanis setiap hari, seperti soda berkarbonasi atau minuman kemasan yang diberi gula tambahan.

Perempuan mengonsumsi dua gelas atau lebih minuman itu per harinya hampir empat kali lebih mungkin untuk mengembangkan trigliserida tinggi dan lebih mungkin meningkatkan ukuran pinggang. Asosiasi yang sama tidak terlihat pada pria.

“Perempuan yang minum lebih dari dua gelas minuman manis sehari memiliki ukuran pinggang yang cenderung bertambah, tetapi itu belum tentu menyebabkan kenaikan berat badan,” kata Christina Shay PhD, peneliti utama studi dan asisten profesor di University of Oklahoma di Oklahoma City.

“Mereka juga berpotensi mengembangkan trigliserida tinggi. Perempuan dengan kadar glukosa darah normal bahkan bisa berisiko tinggi terkena diabetes seiring dengan waktu,” katanya seperti dikutip dari WebMD, Rabu (14/11).

Kalori
Perempuan lebih mungkin mengembangkan faktor risiko penyakit kardiovaskular akibat minum minuman manis karena mereka membutuhkan kalori lebih sedikit jika dibandingkan dengan laki-laki.

Para peneliti memang belum menentukan dengan rinci bagaimana minuman manis memengaruhi faktor resiko penyakit jantung seperti trigliserida tinggi pada individu yang tidak bermasalah dengan berat badan, kata Shay, tapi ia berjanji akan mengadakan penelitian lanjutan. Penelitian ini dipresentasikan pada American Heart Association’s Scientific Sessions 2011. (MI/ICH)

sumber : metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *