Vitamin C Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Jeruk | Vitamin C

LiputanKami.com, Jakarta – Menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh langsing dan ideal adalah harapan terbesar bagi banyak orang yang bermasalah dengan berat badan mereka. Menurunkan berat badan membutuhkan kesungguhan dan kesabaran ekstra dari Anda.

Selain itu, menerapkan pola makan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh merupakan syarat lain yang harus Anda penuhi untuk menurunkan berat badan Anda.

Salah satu nutrisi penting untuk membantu menurunkan berat badan adalah vitamin C. Studi yang dilakukan oleh para peneliti gizi dari Arizona State University menunjukkan asupan lebih banyak vitamin C dalam bentuk buah jeruk segar dapat memfasilitasi penurunan berat badan.

Hal ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat membakar lemak 30 persen lebih banyak daripada mereka yang kurang mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh sebagai sumber energi dan mempengaruhi proses pembakaran lemak selama latihan dan saat istirahat.

Namun, hasil penelitian ini tidak lantas membuat vitamin C sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Hal ini lebih menunjukkan bahwa vitamin C sangat dibutuhkan jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Vitamin C telah terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil, seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi.
Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

Apakah Anda sudah cukup mengonsumsi vitamin C?

Kebutuhan vitamin C tiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, serta aktivitas fisik. Sebagai contoh, kebutuhan vitamin C akan meningkat jika Anda mengalami penyakit tertentu, seperti pilek, infeksi, atau setelah operasi karena penting untuk mempercepat proses pemulihan. Namun, secara umum orang dewasa membutuhkan sekitar 75 – 90 mg vitamin C per hari.

Karena vitamin C tidak dapat diproduksi tubuh secara alami, tubuh memerlukan asupan vitamin C dari makanan sehari-hari, dari buah-buahan seperti, jeruk, lemon, stoberi, dan sebagainya. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplementasi, seperti suplemen vitamin C dari Ultimate Nutrition untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Sangat penting mencukupi kebutuhan vitamin C harian, terutama saat Anda dalam proses menurunkan berat badan. Kombinasikan dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup dan berat badan ideal pun akan segera Anda dapatkan. (duniafitnes/DOR)



sumber : metrotvnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *