Tips Mengatasi Rasa Malas Berlebihan

tips mengatasi malas

Malas merupakan salah satu faktor yang dapat menunda maupun menghambat suatu pekerjaan. Jika sikap malas ini terus menerus dibiarkan tentu akan menjadi kebiasaan buruk. Karena itulah, kita perlu menghindar sejauh – jauhnya dari sikap malas tersebut.
Lalu bagaimana cara mengatasi kemalasan?
Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa malas :

1. Menyusun Jadwal
Buatlah jadwal yang ingin anda realisasikan, dan beri target dan tujuan (goal) pada jadwal tersebut. Dan berilah sanksi tersendiri jikalau anda tidak bisa melaksanakan jadwal tersebut, daripada anda akan merasa sia – sia bila tidak melaksanakan jadwal tersebut.

2. Jangan Menunda
Menunda pekerjaan dan amal shalih merupakan hal yang perlu kita hindari. Sebab kita juga tidak tahu akankah kita diberi kesempatan untuk berbuat baik di masa yang akan datang nanti.

3. Berteman Dengan Orang Yang Rajin
Lingkungan adalah faktor utama yang paling dan sangat berpengaruh bagi kehidupan anda. Karena oleh sebab itu bergaulah dengan orang – orang yang rajin yang mana juga dapat merubah kebiasaan dan tingkah laku anda menjadi lebih baik.

4. Menghargai Waktu
Waktu luang merupakan salah satu nikmat yang terkadang kita lupakan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita dapat menghargai waktu luang yang ada dan memanfaatkannyadengan sebaik mungkin.

5. Hindari Pekerjaan / Kegiatan Yang Tidak Berguna
Carilah kegiatan lain yang lebih bermanfaat daripada melamun dan bergosip. Dengan adanya kebiasaan mengerjakan sesuatu, kita akan terbiasa untuk tidak melakukan bermalas – malasan.

6. Menyadari Dampak Negatif dari Malas.
Pekerjaan yang terbengkalai, jadwal yang berantakan, prestasi yang menurun, dimarahi oleh guru atau atasan merupakan beberapa dampak dari kemalasan. Jika kita tidak ingin terkena dampak buruk dari kemalasan tersebut, maka berusahalah untuk bangkit dan kerjakan kegiatan yang berguna.

Nah, demikianlah tips – tips untuku mengatasi rasa malas. Jika kita memiliki waktu luang, marilah kita gunakan untuk mengerjakan amal ibadah maupun aktifitas yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *