Meski Beracun, Tomcat Tidak Mematikan

tomcat

SERANGGA Tomcat atau kumbang Paederus menghebohkan warga Surabaya baru-baru ini, karena menyebabkan dermatitis akibat serangan serangga itu. Namun walau cukup menghebohkan, racun serangga ini tidak mematikan.

Kabar yang menyeruak lewat Blackberry Messenger maupun di jejaring sosial Twitter menyebutkan bahwa serangga tersebut memiliki racun 12 kali lebih beracun dari kobra.

Serangga ini menjadi lebih terkenal setelah kejadian yang menghebohkan warga Surabaya akibat salah satu penghuni apartemen Eastcoast, Kenjeran dan Wonorejo mengalami dermatitis akibat serangan serangga ini.

Dalam sebuah rilis pada Februari tahun lalu di situs health.nsw.gov.au, serangga seperti tomcat merupakan serangga yang jamak ditemukan di pohon. Meski memiliki racun, namun tomcat efeknya sama sekali tidak lebih dari racun kobra yang bersifat neurotoksik (racun bagi saraf) dan hemolitik (racun bagi darah).

Meski heboh diberitakan, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir, karena banyak penelitian yang menyebutkan bahwa serangga yang satu ini tidak berbahaya, apalagi hingga menyebabkan kematian.(*/X-13)

sumber: mediaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *